Hikayat Kalila dan Damina | Wiki Chibi

Ada seekor lembu benama Sjatrabah yang mengikuti tuannya membawa barang dagangan untuk berniaga, saat sampai di sebuah hutan, Sjatrabah terperosok kesebuah lubang lumpur. Tuannya mencoba untuk membantunya, tapi ia gagal. Tuannya pun meninggalkan Sjatrabah dengan seorang hambanya, hambanya itu juga berusaha mengeluarkannya dari lubang tersebut, tapi ia juga gagal seperti tuannya tadi. Hamba tadi juga mengikuti tuannya meninggalkan Sjatrabah. Akhirnya Sjatrabah sendiri yang berusaha mengeluarkan dirinya sendiri dari lubang lumpur tersebut, dengan berbagai cara yang dilaluinya akhirnya ia bisa mengeluarkan dirinya sendiri dari lubang lumpur tersebut.

Sjatrabah bingung, karena ia tidak tahu bagaimana cara menemukan tuannya yang meninggalkannya tadi. Karena hari sudah mulai gelap, ia memutuskan untuk sementara menetap dihutan tadi. Ia memilih untuk lebih masuk kedalam hutan tadi dan memakan rerumputan yang ada di sana. Suara remasan rumput dimulutnya itu terdengar hingga ke telinga Raja Singa, Raja Singa pun khawatir mendengar suara tersebut, karena di hutan itu juga banyak hewan buas. Diantaranya adalah Kalila dan Damina yakni dua serigala yang bijak, pandai dan bertugas mencari makan untuk Raja Singa, namun akhir - akhir ini Kalila menjadi jengkel karena Raja Singa jarang mengunjungi rakyatnya, Kalila pun menceritakan hal itu kepada sahabatnya Damina.

Setelah mendengar cerita tersebut Damina menghadap ke Raja Singa dan menjelaskan perihal masalah tersebut, Damina memberi sebuah solusi. Setelah beberapa lama, datanglah Damina bersama Sjatrabah, Sjatrabah pun menceritakan apa saja yang terjadi, ia pun diperbolehkan Raja Singa untuk tinggal menjadi rakyat. Raja Singa sudah mulai percaya terhadap Sjatrabah, karena ia mulia, baik dan ikhlas dalam berkawan. Ternyata kedekatan Sjatrabah dengan Raja Singa tidak segani oleh Damina. Damina merasa posisi sudah diambil alih oleh Sjatrabah. Damina sudah mempersiapkan rencana untuk menghancurkan Sjatrabah, ia menyebarkan fitnah untuk Sjatrabah.

Akhirnya Raja Singa percaya dan menyuruh Sjatrabah untuk dibunuh, sebenarnya dalam hati, Raja Singa sangat berduka atas kematian sahabatnya itu. Kejahatan tidak akan selamanya tertutupi, ternyata fitnah yang dilakukan Damina mulai diketahui oleh Ibu Raja Singa. Lalu, beliau menemui Raja Singa dan mengatakan kepadanya bahwa kematian Sjatrabah karena fitnahan dari Damina. Mendengar hal itu Raja Singa pun memerintahkan para ajudannya untuk menangkap Damina dan memenjarakannya. Kalila, sahabat Damina sangat rindu kepadanya, sampai terlalu lama menuggunya ia hingga mati. Akhirnya, Damina dijatuhi hukuman mati. Ia menerimanya karena ia sudah tidak sanggup lagi sebas sudah kehilangan sahbatnya Kalila.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.