Makalah Historiografi Tardisional, Kolonial Nasional dan Modern

WikiChibi berbagi tugas sekolah mata pelajaran Sejarah Tingkat Sekolah Menengah Atas yaitu membuat makalah tentang Historiografi Tradisional, Kolonial, Nasional dan Modern Indonesia.

Apa itu Historiografi?

Historiografi merupakan sebuah kajian tentang metode sejarawan dalam mengembangkan sejarah sebagai disiplin akademis dan secara luas. Definisi historiografi yang lain yaitu setiap karya sejarah tentang topik tertentu. Tujuan historiografi yaitu untuk menulis peristiwa di masa lalu secara kronologis dan sistematis.

Kata Historilogi tersusun dari kata History yang artinya sejarah dan graph yang artinya tulisan. Sehingga bisa dikatakan bahwa definisi historiografi yaitu tulisan sejarah baik yang memiliki sidat ilmiah (problem oriented) ataupun yang tidak ilmiah (no problem oriented).

Historiografi Tradisional merupakan penulisan sejarah yang seringkali dilakukan oleh para sastrawan atau pujangga keraton dan bangsawan kerajaan.

Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang dibuat pada masa kolonial. Penulisan historiografi kolonial berfokus terhadap kehidupan warga Belanda (Eropa) di Hindia Belanda karena ditulis oleh orang-orang Belanda atau Eropa. Tujuan ditulisnya adalah sebagai penguat kedudukan mereka di Indonesia.

Historiografi modern muncul akibat tuntutan ketepatan teknik untuk mendapatkan fakta-fakta sejarah. Fakta sejarah didapat melalui penetapan metode penelitian, memakai ilmu-ilmu bantu, adanya teknik pengarsipan, dan rekonstruksi melalui sejarah lisan.

Berikut ini Review makalah Historiografi Tradisional, Kolonial, Nasional dan Modern Indonesia, bagi adik-adik yang membutuhkan file lengkapnya dapat di download diakhir Preview makalah.

Download Disini

Terima kasih sudah berkunjung ke In-Wepo, jika memerlukan tugas lain silahkan coba temukan melalui filture Search pencarilan, senang bisa berbagi.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.